Resep Tom Yam

· ·

Resep Tom Yam Udang spesial gaya Bangkok. Tom Yam adalah salah satu masakan lezat khas Thailand yang sangat terkenal. Apabila Anda tertarik untuk mengesankan dan memanjakan keluarga dengan selera  masakan Asia yang asam pedas menggugah selera, silahkan mencoba membuatnya sendiri Sup Tom Yum Udang dengan panduan berikut.

Resep Tom Yam ala Bangkok kali ini membutuhkan waktu pesiapan masak selama 15 menit, 
 dan durasi masak kurang lebih 10 menit, bisa disajikan untuk 2 porsi.

Resep Tom Yam
Bahan-bahan yang diperlukan dalam Resep Tom Yam Udang:
2 1/2 cangkir kaldu udang, kaldu ayam atau air
10-12 udang (biarkan cangkang dan kepalanya dan cukup hilangkan bagian matanya)
3 1/2 sendok makan perasan jeruk nipis
6 buah cabai (dihaluskan)
3 irisan (besar) lengkuas
6 lembar daun purut yang dimemarkan
2 sendok makan Nam Prik Pao (pasta cabai panggang Thailand)
2 sendok makan minyak Nam Prik Pao (kecap udang)
3 sendok teh saus ikan
1 batang serai (ambil 10 cm, dimemarkan)
1 kaleng jamur tiram/jamur kancing segar

Cara Memasak Tom Yam:
Masukkan 3 gelas air kedalam panci dan panaskan sampai mendidih. Masukkan udang dan rebus sampai warna air berubah agak oranye. Tekan kepala udang dengan garpu agar extrak udang keluar. Biarkan sampai tersisa 2 1/2 gelas air. Tiriskan udang dan buang kepalanya.

Masukkan serai, lengkuas dan daun jeruk purut, cabai, jamur nam prik bao dan kaldu udang kedalam panci dan biarkan mendidih. Masukkan uadang dan minyak Nam Prik Pao (kecap udang). Lalu tambahkan air jeruk nipis terakhir (apabila air jeruk nipis dimasukkan di awal, kuahnya akan menjadi pahit). Rebus udang sampai matang dan setelah itu bisa disajikan selagi masih panas.

Catatan untuk Resep Tom Yam ini: Anda bisa mengunakan ayam, perpaduan ayam dan udang, atau perpaduan seafood sebagai bahan utama (udang, kerang, dsb) untuk sup Tom Yam, isinya bisa anda ganti sesuai selera, namun yang paling terkenal adalah Tom Yam Goong (Tom Yam Udang). Selamat mencoba Resep Tom Yam Udang ini!